TIPS MENCEGAH MUAL MUNTAH BERLEBIHAN SAAT HAMIL

Kehamilan merupakan moment yang sangat istimewa bagi para wanita, dimana sebentar lagi mereka akan melahirkan malaikat kecil yang ditunggu-tunggu lahir pada waktunya.

Tentu saja para bunda tidak ingin moment bahagia tersebut terganggu ketika bunda mengalami mual muntah berlebihan sehingga mengganggu aktivitas bunda sehari-hari. Mual muntah saat hamil adalah hal yang wajar, terutama di tiga bulan pertama kehamilan. Namun bila mual dan muntah yang bunda alami sangat parah sampai berkali-kali dalam sehari, membuat bunda tidak bisa makan atau minum, bahkan berat badan menurun, bunda sepatutnya waspada.

Gejala mual muntah berlebihan yaitu:

  • Mual dan muntah parah secara berkepanjangan.
  • Pusing.
  • Sakit kepala.
  • Jantung berdebar.
  • Sulit menelan makanan atau minuman.
  • Mengeluarkan air liur secara berlebihan.
  • Sangat sensitif terhadap aroma.

Nah untuk mencegah terjadinya mual muntah secara berlebihan maka ada beberapa tips yang harus bunda lakukan dan yang harus bunda hindari.

Berikut beberapa tips untuk menghindari mual dan muntah secara berlebihan :

1.Menghindarkan diri dari aroma-aroma, suara bising, dan kedipan cahaya berlebih yang dapat memicu mual.

2. Istirahat yang cukup.

3. Menggunakan pakaian longgar.

Pakaian longgar dapat meningkatkan sirkulasi udara pada sistem pernafasan dan melancarkan peredaran darah diseluruh tubuh.

4. Mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi.

5. Hindari makanan pedas dan tinggi lemak. Makanan berlemak membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna, artinya makanan ini memperlambat sistem pencernaan dan dapat meningkatkan jumlah asam yang dihasilkan perut bunda.

6. Makan dalam porsi kecil namun sering. Ketika bunda makan porsi kecil sepanjang hari, perut akan menghasilkan lebih sedikit asam untuk mencerna makanan. Kurangnya asam berarti kecil kemungkinan perut bunda terganggu, sehingga bunda tidak terlalu merasa mual

7. Perhatikan posisi tubuh saat bangun tidur. Umumnya, penderita hiperemesis gravidarum akan merasa pusing setiap kali bangun tidur. Karena itu, bunda dilarang untuk langsung bangkit namun, dianjurkan untuk memiringkan tubuh ke kanan/kiri terlebih dahulu, lalu duduk secara perlahan.

8. Sering lakukan relaksasi.

Mual dan muntah yang dialami bunda hamil dapat membuat bunda kehilangan banyak cairan dan nutrisi tubuh. Tentunya hal ini tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuhnya, tapi turut membahayakan kondisi janin, untuk itu bunda harus tetap memperhatikan nutrisi dan tidak boleh kekurangan asupan cairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *