CARA MENGATASI NYERI PUNGGUNG SAAT HAMIL

Kehamilan bisa membuat tubuh bunda mengalami perubahan yang dapat memicu rasa nyeri pada area punggung. Nyeri punggung saat hamil biasanya terjadi pada sendi sakroiliaka (area di mana tulang panggul bertemu dengan tulang belakang).  Rasa nyeri dapat terasa ketika bunda membungkuk badan ke depan. Bunda juga mungkin akan mengalami kesulitan saat berjalan dalam waktu lama, mengangkat beban yang ringan, memakai dan membuka baju, bangun dari tempat tidur, atau berdiri dari posisi duduk.

Ibu hamil biasanya akan mulai merasa nyeri punggung di trimester kedua, ketika perut sudah mulai membesar. Kondisi ini normal terjadi dan merupakan pertanda bagus, karena itu berarti janin dalam kandungan bunda berkembang semakin besar. Semakin janin bunda bertambah besar, maka beban pada bagian punggung juga makin besar.

Berikut beberapa cara mengatasi nyeri punggung saat hamil :

1. Perhatikan posisi tubuh

Wanita hamil tidak disarankan untuk berdiri terlalu lama. Tapi, bila hal itu harus dilakukan sebaiknya pilih sepatu yang datar dengan alas kaki cukup lebar guna mencegah pembengkakan. Sementara bagi wanita hamil yang dituntut untuk duduk dalam waktu yang lama sebaiknya duduk dengan posisi yang tepat. Duduklah dengan posisi pinggul dan punggung bawah menyentuh bagian belakang kursi. Saat duduk pastikan lutut membentuk sudut 90 derajat. Bunda juga bisa menambahkan bantal diantara punggung bawah dan kursi guna menjaga leher dan kepala agar tidak membungkuk.

2. Jangan angkat beban berat

Selama hamil sebaiknya Bunda tidak mengangkat benda berat. Bila Bunda diharuskan mengangkat benda sebaiknya lakukan dengan cara yang tepat. Dekatkan benda dengan tubuh Bunda, luruskan punggung, tekuk lutut, lalu angkat benda dengan menggunakan tenaga kaki. Jangan angkat benda dengan menggunakan otot punggung. Bila harus memutar, putarlah seluruh tubuh, jangan hanya memutar bagian pinggang saja. Lebih baik lagi bila Bunda meminta bantuan orang lain untuk mengangkat beban.

3. Olahraga secara teratur

Berolahraga saat hamil bisa membantu menguatkan otot punggung. Biasanya dokter akan menyarankan latihan kardiovaskuler seperti berenang atau berjalan. Gerakan renang bisa membantu menguatkan otot-otot, mengatasi varises, dan pembengkakan pergelangan kaki. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter bila akan melakukan olahraga agar kehamilan Bunda tidak terganggu.

4. Tidur miring

Makin bertambahnya usia kehamilan, perut juga makin membesar. Supaya rahim tidak menekan vena cava sebaiknya Bunda biasakan untuk tidur miring ke kiri. Vena cava merupakan vena utama yang terletak di sebelah kanan perut yang berfungsi mengalirkan darah. Supaya tulang belakang tetap sejajar sebaiknya tambahkan bantal di bawah perut atau di antara kaki.

Demikianlah beberapa cara mengatasi nyeri punggung saat hamil. Semoga bermanfaat.

Salam MOI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *