TIPS AGAR PRODUKSI ASI LEBIH BANYAK

ASI merupakan makanan utama bagi bayi sejak dilahirkan sampai usia 6 bulan. Pemberian ASI ekslusif memiliki banyak manfaat bagi bayi, seperti menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan. Namun bunda sering khawatir produksi ASI tidak dapat mencukupi kebutuhan sang buah hati. Untuk itu banyak bunda yang berusaha meningkatkan produksi ASI agar produksi ASI lebih banyak.

Berikut ada beberapa tips agar produksi ASI lebih banyak :

1. Konsumsi Sayuran

Bila selama ini bunda menyusui tidak menyukai sayur-sayuran, sebaiknya segera membiasakan diri mengonsumsi sayur-sayuran agar produksi ASI lebih banyak. Sayur-sayuran sangat baik untuk mendorong produksi ASI yang melimpah.

Adapun sayur-sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah sayur-sayuran yang berwarna seperti wortel, bayam, kangkung, tomat, sawi hijau, daun katuk, dan sayuran sejenis lainnya.

2. Konsumsi Buah-buahan

Konsumsi juga aneka buah-buahan segar agar produksi ASI lebih banyak. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun dipotong-potong kecil sebagai makanan camilan.

3. Konsumsi Makanan Sumber Protein

Lengkapi menu sehari-hari dengan makanan-makanan sumber protein nabati maupun sumber protein hewani agar produksi ASI lebih banyak. Makanan-makanan sumber protein nabati antara lain kacang polong, brokoli, jagung dan juga bayam. Sedangkan makanan-makanan sumber protein hewani antara lain ikan teri, susu dan berbagai produk olahan susu, ikan, daging ayam dan juga daging merah.

4. Banyak Minum

Ibu yang sedang menyusui juga tidak boleh malas untuk minum agar produksi ASI lebih banyak. Setidaknya ibu menyusui membutuhkan asupan air sebanyak 3 liter dalam sehari. Asupan air ini tidak hanya bisa diperoleh dari mengonsumsi air putih saja, tetapi juga bisa dari buah-buahan yang banyak mengandung air, jus buah, dan sayuran berkuah.

5. Sering-sering Menyusui

Hindari memberikan ASI kepada bayi hanya berdasarkan jam saja. Seorang ibu menyusui perlu mengenali ekspresi bayi ketika sedang lapar dan harus mampu mendorong bayi untuk bersemangat dalam menyusui. Semakin sering kegiatan menyusui dilakukan, maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Terutama di malam hari, sebaiknya kegiatan menyusui dilakukan lebih sering lagi karena hal ini mampu menaikkan hormon prolaktin yang berperan besar dalam produksi ASI.

6. Beristirahat

Ibu menyusui juga perlu mengatur waktunya agar bisa beristirahat dengan cukup. Karena rasa lelah dan stres bisa mempengaruhi produksi ASI pada seorang ibu yang sedang menyusui.

7. Melakukan Pijatan Payudara

Para ibu yang menyusui juga perlu melakukan pemijatan lembut pada payudara sebelum menyusui dan di saat sedang mandi. Pemijatan ini akan melancarkan peredaran darah di payudara.

Demikian beberapa tips agar produksi ASI lebih banyak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *