HYPNOBREASTFEEDING UNTUK MENAMBAH PRODUKSI ASI

Salah satu kunci utama keberhasilan dalam menyusui adalah rasa percaya diri dan niat bunda untuk bisa menyusui bayinya. Kondisi seperti ini dapat meningkatkan produksi hormon prolaktin dan oksitosin, yaitu hormon yang berfungsi untuk produksi dan pengeluaran ASI.

Untuk memperlancar ASI, persiapan fisik perlu dilakukan, seperti makan dengan gizi seimbang, minum yang cukup, pijat payudara, mempelajari manajemen menyusui yang benar. Selain itu, ketenangan pikiran dan keikhlasan bunda untuk menyusui bayinya merupakan faktor pendukung yang tidak kalah penting.

Jika bunda khawatir, tidak percaya diri, atau banyak pikiran, maka proses menyusui bisa terhambat. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh bunda untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan menerapkan hypnobreastfeeding. Cara ini merupakan upaya alami menggunakan energi bawah sadar agar proses menyusui berjalan dengan nyaman dan lancar, serta bunda dapat menghasilkan ASI yang mencukupi untuk kebutuhan tumbuh kembang bayi bunda.

Hypno berasal dari kata Yunani yang berarti pikiran tenang dan breastfeeding adalah proses menyusui. Hypno-breastfeeding menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan dan stres pada ibu,sehingga bisa meningkatkan produksi ASI. Kemudian, dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk bisa menjadi seorang ibu yang baik dengan menyusui bayinya.

Adapun cara kerja hypnobreastfeeding adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi kecemasan dan stres pada bunda sehingga dapat meningkatkan produksi ASI

2. Menghilangkan kecemasan dan ketakutan sehingga bunda dapat memfokuskan pikiran kepada hal-hal yang positif

3. Meningkatkan kepercayaan diri bunda, sehingga bunda merasa lebih baik dan percaya diri dalam perannya sebagai bunda baru.

Untuk mengaplikasikan teknik ini pun cukup mudah, yaitu dengan memberikan sederet kalimat motivasi yang mampu memengaruhi alam bawah sadar. Seperti “Aku pasti bisa menyusui”, “ASI-ku keluar dengan mudah dan lancar”, “Menyusui itu menyenangkan”, atau “ASI-ku pasti cukup untuk bayi-ku”.

Ketika pikiran positif dan yakin bahwa ASI bisa keluar, maka air susu akan diproduksi dan keluar dari payudara ibu. Pikiran yang positif, rileks, tidak terbebani atau ikhlas dan penuh cinta kasih dapat merangsang kembali hormon prolaktin dan oksitosin yang sangat berperan terhadap produksi dan pengeluaran ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *