SELAMAT DARI CORONA, NIAT KITA BERSAMA

ASC Community Melawan Corona bersama MOI

Penyebaran virus corona (Covid-19) makin meluas. Pasien positif virus corona pun makin bertambah. Tenaga medis sebagai garda terdepan dalam upaya penanganan pasien positif corona harus selalu siaga.

Bangsa Indonesia berduka saat  membaca berita dan mendengar langsung perjuangan beberapa sahabat yang berprofesi sebagai dokter yang menangani masalah Covid-19 dan mengalami kekurangan Alat Pelindung Diri (APD).  Bagaimana jika kita menjadi mereka? Bagaimana jika mereka tak dapat menunaikan tugas mengobati saudara-saudara kita yang terjangkit Covid-19? 

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung (social distancing)
  • Gunakan masker.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik atau hand sanitizer 
  •  Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan
  • Tingkatkan sistem imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan seimbang, Olahraga dengan teratur dan hindari stress atau panik, karena saat anda panik dan stress, kekebalan imun tubuh anda akan semakin menurun.

Virus corona memiliki gejala yang dapat muncul dua sampai 14 hari setelah terkena paparan. Gejala utama yang harus diwaspadai adalah:

  • Batuk
  • Sesak Napas
  • Demam dengan suhu tinggi mencapai 38 derajat celsius atau lebih
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan

Perlu diperhatikan, beberapa orang yang sudah positif mengidap virus Corona terkadang tidak menimbulkan gejala sama sekali di hari pertama dan kedua, tetapi mereka sudah menjadi penyebar covid 19 tanpa mereka sadari, hari ke tujuh biasanya sudah terdapat gejala, gejalanya bahkan berbeda-beda tergantung dengan tingkat imunitas seseorang sebelum nanti dia pulih dan sembuh. Ada orang  yang tidak merasakan apapun sama sekali, mungkin hanya seperti pegal-pegal, ada yang demam ringan, pusing-pusing ringan, ada yang demam disertai dengan batuk, ada yang demam, batuk dan sesak…dan yang paling parah terkadang harus dibantu ventilator untuk bernafas dan menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus Corona.

Untuk orang yang terinfeksi virus Corona memiliki risiko sebagai berikut:

  • 80 persen akan memiliki penyakit ringan dan sembuh total dalam beberapa minggu
  • 14 persen akan memiliki penyakit yang lebih parah
  • 6 persen akan memiliki penyakit kritis

Tidak ada satu pun yang kebal dari virus ini. Kita semua rentan dan karenanya rapuh. 

Hanya solidaritas yang memperkuat kita, Namun, ini tidak bisa dilakukan secara seragam. Bagi kebanyakan orang, solidaritas itu bisa sesederhana #dirumahaja. Bagi sebagian yang lain, karena berbagai alasan yang bisa dipahami, tinggal di rumah bukan hanya sulit dilakukan, tapi bahkan mustahil.

Dan dalam situasi pandemik yang penuh pembatasan dan keterbatasan ini, problem mereka kadang sulit dibereskan oleh mereka sendiri. Kita tidak bisa diam karena jika seorang kepala keluarga yang terpapar harus tetap bekerja di luar rumah, maka rantai sebaran virus akan mustahil distop.

Di tengah ancaman virus corona, kita mesti tetap membuka mata terhadap orang-orang di sekitar kita. Banyak orang yang membutuhkan kepedulian dan uluran tangan kita.

Komunitas Startup Binaan Astra (ASC) mengajak teman-teman semua untuk bekerjasama melakukan donasi untuk pembelian Alat Pelindung Diri bagi petugas kesehatan.

ASC bekerjasama dengan Medis Online Indonesia (MOI).

Cara Donasi :

1. Kirimkan donasi kamu ke rekening dibawah ini

Bank Mandiri

Nomor Rekening: 1050009333133

PT. Medis Online Indonesia

2. Tambahkan 019 dibelakang jumlah donasi. Contoh donasi 100ribu maka diketik Rp. 100.019

3. Setelah transfer Silahkan konfirmasi ke nomor kontak dibawah ini.

Contact Person :

Ade Suyitno Tim ASC 085659932860

Lena Tim MOI 0812 4487 2663

Gerakan ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk membantu semakin banyak orang. Khususnya mereka yang berada di garda depan upaya penanggulangan ancaman corona dan mereka yang sangat rentan terdampak virus ini.

 Bersama Kita Bisa Melawan Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *