Jangan digaruk, atasi Perut Gatal saat Hamil dengan Tips ini

Memasuki trimester ketiga biasanya ibu hamil kerap merasakan gatal disekitar perut dan daerah payudara. Gatal di derah perut disebabkan oleh perubahan hormon dan pereganggan kulit karena perut yang kian membesar. Rasa gatal ini tidak berbahaya tapi tentu saja dapat mengganggu kenyamanan ibu. Bila rasa gatal tak kunjung reda ibu seringkali mengatasinya dengan garukan, padahal garukan bisa mengakibatkan munculnya iritasi, luka, bahkan meninggalkan bekas yang bisa merusak penampilan Bunda.

Untuk meringankan keluhan perut gatal saat hamil yang mengganggu, berikut cara-cara yang dapat dilakukan:

  • Gunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang pas di kulit lebih berisiko menggesek kulit, sehingga menyebabkan iritasi. Jika perlu, pilih bahan pakaian dari bahan alami seperti katun yang nyaman. Hindari bahan pakaian sintetis. Selain itu, ibu hamil juga disarankan menghindari bahan wol atau denim yang tebal, karena bahan ini juga dapat memicu rasa gatal.
  • Saat perut ibu hamil semakin besar, tak jarang yang kemudian memilih pakaian dalam atau jenis celana yang menutupi perut. Namun, untuk yang mengalami perut gatal saat hamil dianjurkan memilih yang berada di bawah perut untuk menghindari iritasi, serta terlalu banyak gesekan.
  • Pakai sabun yang ringan dan tanpa pengharum untuk menghindari iritasi. Pastikan membilas dengan bersih, menggunakan handuk dengan halus setelah mandi. Ibu hamil juga harus memerhatikan penggunaan parfum yang berbau tajam, karena umumnya lebih berisiko mengiritasi kulit.
  • Menghindari mandi air panas. Mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering dan menambah gatal. Sebaiknya mandi dengan air dingin, kemudian lanjutkan dengan penggunaan pelembap pada kulit, dapat meringankan rasa gatal. Untuk membantu kulit lebih lembap, ibu hamil juga dapat menggunakan krim pelembap pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.
  • Penting bagi ibu hamil memastikan tubuh memperoleh asupan air yang cukup, untuk menghindari dehidrasi termasuk pada kulit.
  • Berada di ruangan dengan pendingin udara seharian, justru dapat membuat kulit kering. Jika dianggap dapat membantu hidrasi, gunakan pelembap udara di ruangan.
  • Ibu hamil disarankan menghindari terlalu banyak berada di ruang terbuka yang terlalu panas, karena dapat memicu rasa gatal.
  • Jika gatal terasa sangat mengganggu, ibu hamil dapat menggunakan kompres dingin di area yang gatal.

Gatal pada perut tidaklah berbahaya, namun sangat mengganggu kenyamanan Anda. Lakukan beberapa tips di atas untuk mengurangi rasa gatal. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *