Berdamai dengan TBC (Tubercolosis)

Indonesia adalah negara terbesar kedua setelah India dengan kasus tuberkolosis paru (TB Paru) terbanyak pada tahun 2016, yaitu mencapi satu juta kasus per tahun. Agra TB bisa sembuh total, Anda harus rutin minum obat antibiotik yang biasanya diresepkan untuk 6 bulan.

Lantas, apakah ada efek samping obat TBC yang mungkin muncul jika harus diminum dalam waktu lama? Masa penyembuhan TB berbeda-beda pada setiap pasien, hal ini bergantung pada kondisi kesehatan pasien TB serta tingkat keparahan TB yang dialami. Kondisi pasien TB biasanya akan mulai membaik dan TB berhenti menular setelah mengonsumsi obat TBC atau antibiotik selama 2 minggu. Tetapi untuk memastikan kesembuhan total, pasien TB harus menggunakan obat TBC atau antibiotik yang diberikan dokter selama 6 bulan.

Pengobatan TBC biasanya memakan waktu bulanan hingga tahunan karena sifat infeksinya yang mudah menular dan cukup serius. Jika Anda tidak disiplin minum obat, ada peluang besar untuk berbagai efek samping dan komplikasi TB yang mungkin muncul, misalnya bakteri yang kebal terhadap antibiotik sehingga gejala malah makin parah dan makin sulit untuk diobati. Anda juga lebih mungkin untuk menularkan penyakit Anda ke orang sekitar jika sering lupa minum obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *